sewa sofa penyewaan sofa Rental sofa sewa sofa alat pemadam kebakaran

Gorden minimalis rumah

Gorden minimalis rumah
gorden rumah

Selasa, 20 Maret 2012

Media pemeliharaan ikan mas


Memelihara ikan mas untuk dijadikan ikan hias ataupun digunakan sebagai konsumsi cukup banyak peminatnya di Indonesia. Selain gampang dalam mencari bibitnya, budidaya ikan mas juga menjanjikan hasil yang lumayan. Produk olahan ikan mas menjadi salah satu sumber protein hewani yang digemari masyarakat.

Tentunya untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita harus mengetahui hal-hal dasar yang menjadi persyaratan jika kita ingin membudidayakan ikan mas tersebut. Hal-hal tersebut meliputi persyaratan lokasi pembudidayaan antara lain :

  • Perlu diketahui tanah yang baik untuk kolam pemeliharaan ikan mas adalah jenis tanah liat/lempung, tidak berporos. Hal ini disebabkan karena jenis tanah tersebut dapat menahan massa air yang besar dan tidak bocor sehingga dapat dibuat pematang/dinding kolam.
  • Kemiringan tanah yang baik untuk pembuatan kolam berkisar antara 3-5% untuk memudahkan pengairan kolam secara gravitasi.
  • Ikan mas dapat tumbuh normal, jika lokasi pemeliharaan berada pada ketinggian antara 150-1000 m dpl.
  • Kualitas air memegang peranan yang sangat penting dalam keberhasilan budidaya ikan mas. Untuk pemeliharaan ikan mas air yang digunakan harus bersih, tidak terlalu keruh dan tidak tercemar bahan-bahan kimia beracun, dan minyak/limbah pabrik.
  • Ikan mas dapat berkembang pesat di kolam, sawah, kakaban, dan sungai air deras. Kolam dengan sistem pengairannya yang mengalir sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan fisik ikan mas. Debit air untuk kolam air tenang 8-15 liter/detik/ha, sedangkan untuk pembesaran di kolam air deras debitnya 100 liter/menit/m3.
  • Keasaman air (pH) yang baik adalah antara 7-8.
  • Suhu air yang baik berkisar antara 20-25 derajat C.

0 komentar:

Posting Komentar